Obat Gatal Alami

obat gatal alami, obat gatal alami di selangkangan, obat gatal alami paling ampuh, obat gatal alami untuk anak, obat gatal alami untuk ibu hamil, obat gatal alami pada selangkangan, obat gatal alami untuk balita, obat gatal alami untuk miss v, obat gatal alami yang manjur, obat gatal alami pada kelamin pria
obat gatal alami – Gatal dapat terasa pada area tertentu atau seluruh tubuh. Kulit kemerahan atau ruam adalah gejala yang sering mengiringi rasa gatal. Pada umumnya kondisi ini dapat reda dengan sendirinya, atau hilang setelah ditangani dengan obat-obatan bebas. Namun ada kalanya, gatal tidak kunjung reda dan berisiko menjadi gejala awal adanya kondisi yang lebih serius.
obat gatal alami

FAKTOR DI BALIK GATAL

Mengenali penyebab gatal penting untuk menentukan langkah penanganan. Selain gigitan serangga yang menjadi penyebab gatal paling umum, ada banyak hal lain yang dapat menjadi pemicu gatal, yaitu:
Penyakit atau kondisi kulit tertentu, seperti eksim, kudis, psoriasis, folikulitis, prurigo. Rasa gatal umumnya muncul pada area kulit tertentu seperti iritasi kulit, kulit merah, hingga bintik merah.
Kulit kering (xerosis) dapat diduga menjadi penyebab rasa gatal. Kondisi ini biasanya teridentifikasi jika tidak ada bintik merah atau perubahan lain yang tampak pada permukaan kulit. Kulit kering umumnya disebabkan oleh kondisi lingkungan, seperti udara dengan kelembapan rendah, terlalu lama mandi atau mencuci, serta terus-menerus berada di dalam ruangan ber-AC.
Gangguan saraf, seperti sklerosis multipel, diabetes, saraf terjepit, serta herpes zoster.
Penyakit dalam seperti hepatitis, sirosis, penyakit celiac, anemia defisiensi besi, gagal ginjal, gangguan tiroid, leukemia, dan limfoma.
Reaksi alergi dan iritasi terhadap bahan-bahan pakaian, seperti baju yang terbuat dari wool, benda dari karet, bahan kimia dalam sabun, kosmetik, alergi akibat makanan tertentu, biang keringat, serta alergi terhadap tanaman tertentu.
Di masa kehamilan, sebagian wanita merasakan gatal pada bagian perut, lengan, paha, dan payudara karena perubahan hormon. Beberapa masalah kulit yang dapat berkembang saat hamil antara lain:
  • Papula urtikaria pruritus dan plak yang menyebabkan ruam dan gatal pada paha dan perut bagian atas.
  • Prurigo gestationis: ruam pada lengan, kaki, dan tubuh bagian atas.
  • Kolestasis obstetrik: gangguan pada hati di masa kehamilan yang menyebabkan rasa gatal tanpa ruam.

OBAT GATAL ALAMI

PENYEBAB GATAL DI SELANGKANGAN

Mustahil bisa mengatasi masalah secara tuntas tanpa mengetahui apa masalahnya. Oleh karena itu penting untuk diketahui beberapa kemungkinan penyebab gatal pada selangkangan, yaitu:
  • Infeksi Jamur Infeksi
Infeksi Jamur Infeksi jamur merupakan penyebab tersering gatal di selangkangan, istilah medisnya tinea cruris. Jamur mudah tumbuh pada selangkangan karena umumnya daerah ini lembab apalagi kebersihannya kurang.
Ciri khas dari jamur pada selangkangan yaitu berwarna merah-coklat sampai kehitaman dengan batas tegas seperti pulau (lihat gambar di atas), kulit bersisik (mengelupas) dan terkadang terdapat area yang sepertinya menyembuh di bagian tengah (central healing). Rasa gatal semakin parah ketika berkeringat.
  • Intertrigo
Merupakan peradangan pada kulit (dermatitis) yang hanya mempengaruhi lipatan kulit. Hal ini terjadi ketika kulit teriritasi oleh gesekan antar kulit atau dengan pakaian, yang diperburuk oleh kelembaban dan panas. Faktor risiko intertrigo mencakup obesitas, panas, dan kelembaban. Gejala Intertrigo yaitu kemerahan pada kulit, rasa terbakar, dan gatal-gatal di lipatan kulit termasuk lipat paha atau selangkangan.
  • Infeksi Bakteri
Iritasi seperti pada intertrigo membuat kulit menjadi rentan terhadap infeksi. Salah satunya adalah infeksi bakteri yang ditandai dengan gatal diselangkangan berwarna kemerahan, dan terbentuk nanah. Jika parah bisa menimbulkan rasa nyeri dan demam.
  • Scabies
Skabies merupakan peradangan kulit yang disebabkan oleh kutu Sarcoptes scabei. Salah satu tempat favoritnya adalah kulit yang tipis seperti sela-sela jari, perut, dan daerah selangkangan. Ditandai dengan rasa gatal pada kulit terutama di malam hari dan ada anggota keluarga atau teman satu rumah yang ikut terkena.

Tips agar terhindar dari penyakit gatal baik karena alergi, gatal karena jamur maupun gatal karena bakteri. Yaitu dengan menjaga kebersihan baik badan maupun pakaian yang dikenakan, menjaga kondisi tubuh tetap sehat agar daya tahan tubuh kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit selain itu olah raga teratur juga akan meningkatkan kekebalan tubuh serta yang paling utama adalah berusaha selalu mendekatkan diri pada Allah SWT, karena sehat, sakit dan maut datang dari sang dari-NYA maka sudah seharusnya kita memohon segala kebaikan pada-NYA. Cara mengobati gatal kulit di pantat kurang lebih sama dengan cara mengobati gatal kulit di selangkangan karena pengobatan penyakit apapun tergantung dari sumber penyakitnya bukan dari lokasi keberadaan penyakit yang diderita.
obat gatal alami, obat gatal alami di selangkangan, obat gatal alami paling ampuh, obat gatal alami untuk anak, obat gatal alami untuk ibu hamil, obat gatal alami pada selangkangan, obat gatal alami untuk balita, obat gatal alami untuk miss v, obat gatal alami yang manjur, obat gatal alami pada kelamin pria

Posting Komentar